*Peluang Untuk Pencari Kerja Diupayakan Oleh DPD MIM Bantul*
www suara Lpkpk. com,cerdas faktual terpercaya

By SuaraLPKPK.com 24 Jan 2023, 12:10:22 WIB Suara daerah
*Peluang Untuk Pencari Kerja Diupayakan Oleh DPD MIM Bantul*

Keterangan Gambar : *Peluang Untuk Pencari Kerja Diupayakan Oleh DPD MIM Bantul*


Reporter: K. Herman S.


Yogyakarta, Suaralpkpk.com - Secara kebetulan Arbaya seorang ibu yang berada di tempat Mbah Baniyem yang biasa disebut Mbah Ban pemilik Warung Makan di Jalan Padokan Lor, Daerah Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul bertemu dengan Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.A.P Ketua Dewan Pengurus Cabang Masyarakat Indonesia Maju Kabupaten Bantul ( DPC MIM Bantul ) Senin, 23 Januari 2023 dan berniat menyampaikan banyak problem yang dialaminya.

Baca Lainnya :


    Selanjutnya Arbaya diajak ke Sekretariat DPD MIM Kabupaten Bantul yang beralamat di Padokan Lor, Rt.06, Pedukuhan Padokan Lor, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul untuk ngobrol santai ( ngobras ) untuk membahas secara detail problem Keluarganya yang dialami, apa yang dibutuhkan, serta bercerita banyak tentang kehidupannya. 

    Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.A.P menanggapinya sangat sedih dan terharu karena Ibu ini masih kuat dan sehat dan sangat membutuhkan pekerjaan, dibandingkan di luar sana banyak orang yang sehat dan kuat tetapi hanya sebagai "Pengemis" di jalan dan perempatan lampu merah. Ibu ini secara fisik normal dan memiliki semangat bekerja yang gigih hanya belum mendapatkan  peluang yang diharapkan. 


    Arbaya yang berdomisili tempat tinggal di dekat Makam Sewu, Kalurahan wijirejo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul bercerita tentang pekerjaan yang biasa dikerjakan Beberes Rumah atau biasa disebut jenis pekerjaannya yaitu : Asisten Rumah Tangga / ART. Arbaya sudah tidak memiliki suami karena sudah meninggal dunia 3 tahun yang lalu, begitu juga anaknya meninggal  dunia yang masih di dalam kandungan berumur 8 bulan. Arbaya hanya memiliki anak 1 saat ini, tetapi sudah berkeluarga punya anak 2 dan tidak tidak tinggal serumah, keterangan dari Arbaya. 


    Setelah berhenti dari pekerjaan lama karena karena sebagai asisten rumah tangga merawat seorang ibu yang sudah tua berumur 75 tahun dan mengalami gangguan penyakit maag akut sudah lama dialami sejak muda. Seorang Ibu itu pada akhirnya dipanggil Yang Maha Kuasa atau meninggal dunia pada tanggal 04 Januari 2023 yang lalu, akhirnya putus atau selesai juga pekerjaan beberes rumah dan merawat Seorang Ibu itu sehingga membutuhkan pekerjaan kembali karena ada rencana uangnya ditabung untuk Umroh, kata Arbaya. Arbaya berharap melalui MIM Bantul bisa dibantukan informasi pekerjaan di tempat lain yang membutuhkan.


    Tak berselang lama sore  harinya, Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.A.P menghubungi Arbaya via whatsapp dan telpon whatsapp untuk menawarkan pekerjaan sebagai Asisten Rumah Tangga karena sudah ada yang membutuhkan ART. Informasinya sangat cepat dan adanya respon whastapp karena sudah di share ke beberapa grup whastapp ada seorang Ibu-Ibu yang membutuhkan ART," terang Ferdinand. 


     Usai Maghrib di hari yang sama, Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.A.P bertemuArbaya di dekat Lapangan Paseban, Kabupaten Bantul untuk diantarnya  ke rumah Dyah ( ibu yang membutuhkan asisten rumah tangga ) untuk bertemu langsung antara Orang yang membutuhkan ART dengan Orang yang mau bekerja sebagai ART. Dyah berdomisili tinggal di daerah Sanggrahan, Kapanewon Bantul Kota, Kabupaten Bantul. Akhirmya Dyah ngobrol dengan Arbaya tentang pekerjaannya sebagai Asisten Rumah Tangga seperti: Beberes Rumah, ditambah momong anak-anaknya yang masih kecil-kecil, paling besar kelas 3 SD dan paling kecil belum sekolah dan mengurus Mertuanya untuk menyiapkan makanan saja. Persoalan gaji atau bayarannya per bulan, kebebasan tetapi harus adanya pembicaraan terlebih dahulu sebelumnya jika ada keperluan keluarga atau lainnya, harus tinggal di rumah atau menginap, siapa saja yang tinggal dirumah, deskripsi pekerjaannya, mau silaturahmi ke rumah Arbaya, iya atau tidaknya kesepakatan bersama dan membuat keputusan bekerja, dan kapan dimulainya bekerja yang sudah diberi kelonggaran kepada Arbaya untuk menyelesaikan pekerjaan sebelumnya, keterangan dari Dyah. 


    Hal ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor : 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Permenker Nomor : 2 Tahun 2015 Tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Jadi besarnya gaji, hak dan kewajiban pekerja rumah tangga, kebebasan, jam kerja, jam istirahat, dan cuti yang sudah diatur dalam undang undang tersebut diatas. 


    Maksud dan tujuan dari Ketua DPD MIM Kabupaten Bantul Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.A.P demi membantunya Masyarakat yang membutuhkan pekerjaan yang sudah tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2) menyatakan bahwa setiap Warga Negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Jadi dengan demikian DPD MIM Kabupaten Bantul akan memiliki progres program kerja ke depannya dan akan di kawal terus sedemikian rupa sehingga dapat terwujudnya Keadlian Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia pada Sila Ke - 5 Pancasila yang tidak ada perbedaan baik itu suku, ras, agama, kedudukan sosial, umur, maupun jenis gender laki-laki atau perempuan. Hal ini pun sudah ada dalam visi-misi Ormas ( Organisasi Masyarakat ) Masyarakat Indonesia Maju sehingga apapun kebutuhan, keluhan, aspirasi, dan lainnya ditampung di Posko Pengaduan Masyarakat Di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang Masyarakat Indonesia Maju Kabupaten Bantul yang beralamat di Padokan Lor, Rt. 06, Padukuhan Padokan Lor, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupatem Bantul 55181.


    Editor: Dwi S.


    Publizer: Suryo




    Komentar Melalui Facebook

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tampilkan semua Komentar

    Tulis Komentar

    Sekilas Info


    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

    Menyalinkode AMP
    Menyalinkode AMP
    [Menyalin] kode AMP