Desa Mayangan siap melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu
www suara lpkpn com,mengungkap fakta di balik data

By SuaraLPKPK.com 08 Jun 2021, 20:04:57 WIB Suara daerah
Desa Mayangan siap melaksanakan Pemilihan Kepala Desa  Antar Waktu

Siaralpkpk.com|Jombang.

Di Kabupaten Jombang ada sekitar enam Desa yang saat ini Kepala Desanya berhalangan tetap dan  keenam Desa tersebut antara lain  Karang Pakis, Kedung Betik, Sentul, Pager Wojo, Wonomerto, dan Mayangan menurut pantauan tim GND.COM warga di Desa-Desa tersebut berkeinginan segera punya Kepala Desa yang definitif. 

Dengan begitu harapan nya warga terkait pembangunan maupun administrasi di Desa bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Baca Lainnya :


Dari ke enam Desa Yang saat sudah mempersiapkan untuk melakukan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) adalah Desa Mayangan Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. 


Menurut Albarian Resto Gunarto yang merupakan Pejabat ( PJ) Kepala Desa Mayangan kepada awak media menyampaikan

"Kami sudah sangat Siap untuk melaksanakan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu . Karena hal ini sudah kita diskusi kan

berkali-kali dengan BPD, Perangkat Desa, dan beberapa tokoh masyarakat. 

Kita saat ini tinggal menunggu pengesahan perubahan PERBUP , yang info nya lagi di godog di PEMPROV. "Ujar Risto panggilan akrab PJ Desa Mayangan. 


Terkait teknis pemilihan Risto menyampaikan, Bahwa nanti BPD membentuk panitia untuk membuka pendaftaran calon Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) . 

Baru setelah terjaring minimal dua calon dan Maximal tiga calon kemudian BPD mengudang beberapa elemen masyarakat seperti tokoh Agama, tokoh Pemuda, tokoh Wanita, tokoh Disabilitas, dan tokoh-tokoh lain nya yang di amanah kan di dalam Perbup itu . 

Terkait persyaratan calon sama dengan syarat pencalonan kepala Desa pada umumnya , yang beda adalah cara pemilihan nya, kalau di pemilihan KDAW berdasarkan musyawarah Desa tapi ketika musyawarah tersebut tidak ada kata mufakat pemilihan bisa di lanjut kan dengan cara voting, yang di lakukan oleh seluruh peserta musyawarah Desa tersebut. 


Lebih lanjut Risto menjelaskan. "Dalam hal ini yang punya gawe adalah BPD panitia cuma sebagai administrasi, jadi semua keputusan ada di BPD. " Terang Risto PJ Kades yang masih tampak mudah dan energik. 


Untuk memperjelas hal tersebut para awak media mendatangi Kantor Kecamatan Jogoroto dan di temui Endang Kepala Seksi Pemerintahan (KASIPEM) mengatakan bahwa Desa Mayangan akan di jadikan contoh bagi Desa yang lain terkait pelaksanaan pemilihan KDAW, karena hal ini baru pertama kali di lakukan di Kabupaten Jombang, halwa ini disampaikan Selasa(8-juni-2021) di kantor Kecamatan Jogoroto. 


Di sisi lain Sholahuddin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kabupaten jombang ketika di hubungi via phone menyampaikan. 

"Bahwa pihak nya terus berkoordinasi dengan Biro Hukum Pemkab dan konsultasi dengan DPRD juga Biro hukum PEMPROV untuk perubahan Perbup tersebut, kalau sudah selesai saya baru akan sosialisasi kan ke Desa-Desa yang akan melakukan pemilihan KDAW. " Pungkas Sholahuddin.   (Team)




Komentar Melalui Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tampilkan semua Komentar

Tulis Komentar

Sekilas Info


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP
[Menyalin] kode AMP