Bupati Melawi Buka Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 Se- Kabupaten
www suara lpkpk com, cerdas faktual terpercaya

By SuaraLPKPK.com 09 Nov 2022, 20:59:06 WIB Suara Provinsi
Bupati Melawi Buka Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 Se- Kabupaten

Keterangan Gambar : Bupati Melawi Buka Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 Se- Kabupaten


Melawi, Kalbar Suaralpkpk.Com

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa meminta para Kepala Desa untuk memprioritaskan pembangunan desa dalam menyusun anggaran dana desa tahun 2023. Hal tersebut dikatakan Bupati Melawi saat membuka kegiatan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 di Kabupaten Melawi, Selasa (08/11/2022) di Graha Sukiman Center.


Baca Lainnya :

“Penentuan prioritas penggunaan dana desa dilakukan melalui penilaian terhadap daftar program atau kegiatan pembangunan desa untuk difokuskan pada upaya pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam yang mendukung SDGs Desa”, ungkapnya.


Lebih lanjut, Bupati mengatakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi setiap tahunnya menerbitkan Peraturan Menteri tentang prioritas penggunaan dana desa untuk memberikan arahan perencanaan desa dalam menyusun program kegiatan tahun 2023 mendatang.


“Tahun ini telah terbit Peraturan Menteri Desa Nomor 8 Tahun 2022 sebagai panduan Desa dalam menyusun program tahun 2023. Saya minta para Kepala Desa untuk mempedomani aturan ini”, ujarnya.


Bupati juga mengingatkan para Kepala Desa untuk bijak dan berhati-hati dalam menggunakan dana desa sehingga peruntukannya bisa tepat sasaran demi kesejahteraan masyarakat.


“Kepala Desa harus bisa memilih dan menentukan program/kegiatan yang paling dibutuhkan dan lebih besar manfaatnya bagi masyarakat desa, serta mempedomani dan mengacu pada aturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari" tegas Bupati.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin, S.H dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakan sosialisasi ini agar para Kepala Desa bisa mempedomani peraturan pemerintah dalam menyusun prioritas anggaran desa tahun 2023.


“Dengan sosialisasi ini diharapkan para Kepala Desa bisa menentukan prioritas penyusunan anggaran desa tahun 2023 agar tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang berlaku”, ujarnya.


Sementara,Zulkifli S.sos,Msi,Kepala Bidang Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa Kantor DMPD kabupaten Melawi,agar kepala desa membahas dan merencanakan terkait dengan kegiatan pembangunan di desa agar di prioritas kan kepada program nasional yang di tetapkan di dalam peraturan menteri desa,dan mengacu kepada visi dan misi gubernur dan wakil gubernur,serta visi dan misi bupati dan wakil bupati melawi serta memperhatikan prioritas yang dibutuhkan di desa.terkait dengan urusan pemberdayaan karena desa sudah membuat dan membentuk lembaga kemasyarakatan desa seperti karang taruna, PKK, kader pembangunan desa agar lebih di perhatikan termasuk juga lembaga adat desa agar di beri pembinaan dan ada output yang di hasilkan setiap kegiatan yang di buat selain itu dalam penganggaran dana desa tahun 2023 agar memperhatikan seperti guru ngaji, guru sekolah minggu atau gembala sidang didesa sesuai kondisi desa masing masing karena hal tersebut juga masuk dalam program visi dan misi daerah.

lembaga lembaga yang sudah di bentuk didesa harus di berikan perhatian dan pembinaan, agar semua struktur organisasi yang ada ditingkat desa bisa berjalan dengan baik "Ujar Zulkifli


Di tambahan Zukifli lagi,mengenai ketahanan pangan, dalam pelaksanaannya agar melibatkan kelompok tani yang menjadi binaan desa dan tenaga penyuluh pertanian yang ada di setiap desa " imbuhnya


Terkait kasus stunting, juga menjadi perhatian,khususnya mengenai bantuan program jaminan kesehatan untuk keluarga yang tidak mampu, serta pemberian makanan tambahan untuk pemulihan "tutup pria yang biasa di sapa Bg Zul ini.


Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari,dari tanggal 8 - 9 November 2022,diikuti oleh Para Camat, Para Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, dan Koordinator Kecamatan Pendamping Desa.



Editor : Deni A.k

Publizher: Suryo




Komentar Melalui Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tampilkan semua Komentar

Tulis Komentar

Sekilas Info


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP
[Menyalin] kode AMP